Total Tayangan Halaman

Minggu, 26 Februari 2012

Sapira Seorang Switcher

Beberapa hari yang lalu, tepatnya Sabtu, 18 Februari 2012, gue bareng 59 anak lainnya berkesempatan pergi ke Jakarta. Kami perwakilan dari SMA NEGERI 6 BOGOR diundang ke acara 21st Education and Training Expo (ETE) 2012 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center. *Kewwreeewn*

Di sana banyak banget stand universitas, mulai dari dalam kota, luar kota, dalam pulau, luar pulau, dalam negeri, luar negeri, semuanya ada! Ga sebanyak itu sih, lebay -_______-
Ada BINUS
Photos are taken from http://binus.ac.id/2012/02/yuk-hadiri-stan-binus-university-di-jcc/
Ada UT alias Universitas Terbuka
Photos are taken from http://www.ut.ac.id/indeks-berita-ut/717-pameran-education-a-training-expo-2012.html
Ada UI
lambang UI nya bisa muter lhooo


Ada IPB, UI, UNS, USM, dll.
Bahkan ada juga stand Demian's Magic Academy
taken from demianmagicacademy.com
P.S: di stand DMA ini, gue (kayanya) sempet ngerjain yang sulapnya.
Oiya, yang sulapnya seumuran sama gue. Dia satu angkatan. Temennya temen gue, jadi ternyata, dma tuh semacam tempat les gitu. Bukan tempat kuliah.

Gue ga sempet ambil banyak foto karena 1 dan hal lainnya:
1. Handphone gue abis batre
2. Ga sempet, kan sibuk nanya-nanya di tiap stand, ikut kuisnya, dapet hadiahnya muehehehe.

Salah satu stand yang gue datangi dan gue ikuti "kuis"nya adalah stand London School of Public Relations-Jakarta aka LSPR. Di sinilah cerita bermula.
Gue sama temen gue, Nabila, lagi loncat dari satu stand ke stand yang lain (jangan dibayangin gue sama nabila loncat-loncatan kaya gimana). Hingga kami dicegat oleh 2 Mbak-mbak berpakaian rapi ala reporter.

Mbak 1:  Dari sekolah mana? *tersenyum ramah*
Gue:  SMA 6 Bogor, mbak. *ga kalah ramah*
Mbak 1:  Mau coba masuk TV ga? jadi pembawa acara. Gampang ko. Tuh liat. *nunjuk mbak talent di standnya yang lagi siaran*
Gue: Kurang minat, Mbak hehe.
Mbak 1: Emang kamu minatnya apa?
Gue: Kepengen ngedit film, Mbak! Jadi movie editor! *penuh semangat*
Mbak 1: Oh bisa bisa! Sini yuk.

Lalu gue dan nabila mengekor langkah si Mbak ke bagian samping stand. Gue dikenalin ke Mbak lainnya yang ga kalah rapi + cantik (sayang, gue gatau namanya dan gue masih normal #eh).

Mbak 2: Pengen edit film ya?
Gue: Pengen banget, pengen di balik layar. Terus saya penasaran juga Mbak, gimana ngatur gambar yang ditampilin di TV.
Mbak 2: ah iya! sini sini diajarin. Ada alatnya, nih *nunjuk sebuah alat* , namanya switcher. Yang nge-switch juga namanya switcher *senyum* (sungguh, Mbak, senyummu memabukkan hahahaha, cantik bangeeet, manis bangeeeet)
ini switcher yang gue pake. Tapi rada gedean dikit, gatau ada tombol apa aja HAHA

Terus gue diajarin nge-switch deh. Mbak nya baik banget, ramah.
Jadi, di balik layar tuh ada TV yang nampilin 4 (atau lebih) panel yang dikirim masing-masing kamera yang nge-shoot adegan.
Tau kan kalau shooting ga cuma ada 1 kamera doang yang nge-shoot? Nah, tugas seorang switcher lah untuk ngatur gambar dari kamera mana yang bakal di tampilkan di layar TV pemirsa, pe pe mi mir pemirsaaah!
Eh bukan ding, sutradara yang ngatur. Switcher yang bagian nge-switch-in. Apa sih bahasa indonesia nya nge-switch???

Pas gue bertugas jadi switcher, gue megang walkie talkie buat kontekan sama si sutradara. Si sutradara yang ngasih arahan ke gue, gambar mana yang harus ditampilin.

contoh:
adegan pertama (gue lupa gimana konversasi benernya gimana)
sutradara: Kamera 1 ON
gue: (lupa gue jawab apa -____- ) langsung klik kamera 1 terus tarik tuas. Muncul deh gambar dari kamera 1 ke TV.

Begituuuu. muehehehe.
Yaaa, gue cuma 10 menitan sih jadi switchernya. Kan cuma "kuis". Tapi alhamdulillah banget yaaa dapet ilmu :DD Yang jadi sutradara juga pelajar kaya gue yang ikutan kuis juga.

Selesai berpura-pura jadi switcher, gue dikumpulin bareng pelajar lainnya yang ikutan shooting boongan buat difoto sekaligus dikasih souvenir. Asyiiiiik cihuuuuuy *lompat-lompat*
Ini souvenir yang gue dapet:
cihuuuuy binder anyaaaay haha


lengkap dengan foto Bu Bos LSPR

Pulang dari Jakarta, berasa pulang belanja. Banyak banget tentengan, kerennya mah goodie bag. Tapi isinya bukan bajuu -_______- melainkan brosur-brosur universitas plus! binder anyay gueh hahahaha alhamdu?lillah.

wassalamu'alaikum,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar